Sekdaprov Lampung Paparkan Mareri Penguatan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Memperkokoh Integrasi Nasional

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjadi narasumber dalam kegiatan Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara di Provinsi Lampung tahun 2024 bertempat di Tulip Ballroom Lantai 7 Hotel Grand Mercure, Selasa (6/6/2024).

 

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto merupakan salah satu lulusan program reguler angkatan ke-53 Tahun 2015 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia.

 

Sejalan dengan tema penguatan nilai-nilai kebangsaan bagi para peserta 😭, Fahrizal Darminto memberikan paparan yang berjudul “Penguatan nilai-nilai wawasan kebangsaan berbasis kearifan lokal dalam memperkokoh integrasi nasional (Studi pengembangan kearifan budaya lokal/ local Genuine masyarakat Lampung)”.

 

Diawali dengan paparan pemahaman mendalam tentang visi dan misi dalam pelaksanaan program pembangunan suatu daerah bahkan pembangunan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, Fahrizal Darminto menerangkan visi bangsa yaitu menjadi negara yang merdeka berdaulat, adil dan makmur.

 

Adapun misinya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

 

Dengan contoh-contoh sederhana Sekdaprov Lampung menggambarkan bahwa implementasi visi dan misi ini sangat luas dan merupakan ruh dalam setiap kegiatan yang dilakukan mulai dari tingkatan terendah dari individu sampai dengan tingkatan tertinggi sebagai sebuah bangsa.

 

Selanjutnya Sekdaprov Lampung memberikan paparan untuk memahami lebih mendalam tentang Tri Gatra Provinsi Lampung mulai dari Geografis, Demografis dan Sumber Daya Kekayaan Alamnya dan Panca Gatra Provinsi Lampung yang lebih dikenal dengan aspek Ideologi, Politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan yang lebih dikenal dengan Ipoleksosbudhankam sehingga seluruh peserta semakin memiliki motivasi untuk memiliki pemahaman mendalam dalam membangun Lampung.

 

Fahrizal Darminto secara jelas memaparkan berbagai langkah program dan kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung dalam menguatkan nilai-nilai kebangsaan berdasarkan nilai-nilai budaya lokal yaitu :

1. Meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya nilai-nilai budaya asing yang bertentangan dengan budaya daerah.

2. Mengembangkan budaya daerah melalui pendekatan multikulturalisme berdasarkan falsafah hidup piil pesenggiri dengan berpedoman pada sejarah perjuangan lokal.

3. Mensosialisasikan dan mencari solusi terhadap pengaruh negatif globalisasi terhadap budaya lokal.

4. Mengaktualisasikan budaya kepemimpinan yang menjiwai nilai-nilai piil pesenggiri yang diharapkan mampu menjaga stabilitas kesatuan, keamanan dan kerukunan daerah.

5. Meningkatkan pembinaan terhadap pendidikan agama, moral dan budi pekerti, kewarganegaraan secara nyata dengan menerapkannya dalam kehiduoan sehari-hari.

6. Pembinaan Kelompok masyarakat dengan pembentukan kelembagaan masyarakat.

7. Pemantapan wawasan kebangsaan dan pembentukan katakter bangsa melalui pendidikan bela negara, dialog kebangsaan,dll.

8. Pelaksanaan rakor forkopimda secara reguler untuk membahas semua aspek.

 

Diakhir paparannya Fahrizal Darminto menjelaskan visi Pemerintah Provinsi Lampung yaitu Rakyat Lampung Berjaya yang dijabarkan dalam 33 program kerja yang dibagi dalam 6 misi Pemerintah Provinsi Lampung.

 

Dalam kesempatan tersebut Fahrizal Darminto menerangkan beberapa capaian pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung dalam kurun waktu 5 tahun terakhir sebagai wujud keselarasan visi dan misi Pemerintah Provinsi Lampung dengan visi dan misi yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang telah dibahas dalam paparan awal materi.

 

Tururt hadir dalam acara : Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung Achmad Saefulloh, Kasatpol PP Provinsi Lampung M. Zulkarnain dan beberapa pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (*)

 2,359 total views

About The Author

Reply